Pro-Int Dinamika

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Manfaat Aplikasi HRIS untuk Permudah Kelola Absensi Karyawan

Absensi merupakan indikator penting bagi perusahaan, sehingga pencatatannya harus tepat & akurat. Proses absensi umumnya dilakukan dengan alat absensi dengan sistem fingerprint ataupun face recognition yang dipasang di depan pintu masuk kantor sehingga karyawan dapat langsung melakukan absen disana.

 

Namun bagaimana dengan karyawan yang lebih banyak bertugas di luar? Apakah karyawan tersebut harus ke kantor dulu hanya untuk melakukan absen sebelum pergi keluar untuk menjalankan tugasnya dan kembali lagi ke kantor? Apakah sistem absen seperti ini masih efektif dan efisien untuk kondisi seperti ini?

 

Karyawan akan mengalami banyak kesulitan hanya untuk melakukan absensi kehadiran. Perusahaan harus mulai mempertimbangkan solusi yang tepat untuk mencegah kesulitan yang dialami oleh karyawan agar tidak mempengaruhi produktivitas serta efektivitas kerja mereka.

 

absen kehadiran online

 

Teknologi yang terus berkembang memberikan banyak dampak positif dan kemudahan bagi perusahaan dalam menjalankan kegiatan bisnisnya. Begitu banyak inovasi yang dihasilkan guna meringankan beban kerja perusahaan yang mana salah satunya yaitu aplikasi absensi online. 

 

Aplikasi absensi online merupakan suatu sistem yang diciptakan untuk mencatat waktu kehadiran karyawan secara otomatis yang hanya bermodalkan koneksi internet. Aplikasi absensi adalah solusi yang tepat dalam memproses absensi menjadi lebih mudah, praktis, dan cepat.

 

Baca juga: Jenis-jenis Sistem Absensi Karyawan

 

Keunggulan Aplikasi Absensi

 

1. Fleksibilitas

 

Penggunaan aplikasi absensi akan sangat menguntungkan terutama pada situasi yang terkadang mengharuskan karyawan untuk bekerja dari rumah atau di luar kantor. Aplikasi absen memudahkan karyawan untuk melakukan absensi kehadiran dimana saja sesuai keperluan pekerjaan melalui ponselnya sehingga karyawan tidak perlu bolak-balik ke kantor hanya untuk melakukan absensi. 

 

2. Lebih hemat

 

Penggunaan aplikasi akan menghemat pengeluaran biaya operasional perusahaan serta tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk instalasi dan maintenance mesin absensi fisik. Kertas yang biasanya dijadikan sebagai medium untuk absen manual sudah tidak lagi dibutuhkan.

 

3. Meminimalisir Kecurangan

 

Penerapan sistem absensi online akan mencegah karyawan untuk melakukan kecurangan dengan memanipulasi data kehadirannya karena aplikasi akan mencatat secara spesifik waktu kehadiran karyawan dan didukung juga oleh teknologi Geo-Tagging yang dapat mendeteksi pemalsuan lokasi GPS.

 

Selain itu, juga adanya teknolog Face Recognition yang akan mengecilkan peluang ketidakjujuran karyawan saat melakukan absensi.

 

4. Data yang diperoleh Lebih Akurat

 

Data absensi dibutuhkan untuk melakukan perhitungan gaji dan berbagai benefit lainnya serta menjadi indikator dalam penilaian kinerja karyawan sehingga keakuratannya harus tepat.

 

Dengan aplikasi absensi, data yang diperoleh akan memiliki tingkat akurasi yang tinggi karena dapat meminimalisir terjadinya human error (kesalahan pencatatan) dan akan terintegrasi langsung dengan proses perhitungan gaji karyawan.

 

5. Pengumpulan data lebih mudah

 

Penggunaan aplikasi absensi online memudahkan perusahaan sehingga tidak perlu lagi kesulitan memindahkan data kehadiran dari lembaran kertas ke komputer. Aplikasi absensi akan secara otomatis mencatat seluruh data yang berkaitan dengan waktu (kehadiran, ketidakhadiran, keterlambatan, lembur, cuti karyawan) sehingga rekapitulasinya lebih cepat dan mudah. Dengan begitu pekerjaan HR akan menjadi lebih efisien.

 

6. Pemantauan secara Real Time

 

Pemantauan kehadiran karyawan dengan aplikasi absensi dapat dilakukan secara online, transparan, real time, kapan saja & dimana saja melalui dashboard yang disediakan selama terhubung dengan internet. Hal ini akan memudahkan perusahaan dalam mengambil keputusan yang sifatnya mendesak.

 

Proses absensi yang masih dilakukan secara manual menggunakan kertas sudah tidak lagi efektif, baik dari segi tenaga, waktu maupun biaya. Oleh karena itu sudah saatnya beralih menggunakan sistem aplikasi absensi dalam mencatat dan memantau data kehadiran karyawan secara online.

 

 

Begitu banyak manfaat yang diberikan, mulai dari kegiatan absensi yang dapat dilakukan dimana saja & kapan saja, perekaman lokasi & waktu absen user hingga terintegrasi langsung dengan perhitungan gaji membuat beban kerja perusahaan berkurang apabila dibandingkan dengan absensi manual.

 

 

Aplikasi HRIS dalam Kelola Absensi Online Karyawan

 

absensi kehadiran online

 

Aplikasi absensi online memberikan banyak dampak positif bagi pengelolaan daftar kehadiran karyawan dalam perusahaan. Data kehadiran seluruhnya dapat tercatat secara tepat & akurat sehingga akan memudahkan dan mengefektifkan pekerjaan divisi HR.

 

Pro-Int Dinamika menyediakan fitur absensi dalam Aplikasi HRIS sebagai solusi bagi perusahaan dalam mengelola absensi karyawan. Fitur ini akan mencocokkan data wajah karyawan dengan waktu dan lokasi absen.

 

aplikasi absensi online pro-int

 

Setelahnya informasi tersebut akan secara otomatis tersimpan dalam sistem dan dapat diakses secara real time pada saat itu juga. Dengan begitu kecurangan terhadap data kehadiran karyawan dapat dicegah.

 

Data kehadiran yang diperoleh dari fitur absensi juga akan terintegrasi langsung dengan proses payroll secara otomatis, mulai dari perhitungan gaji, BPJS, PPh-21, lembur hingga reimbursement. Komponen penggajian lainnya seperti tunjangan khusus hari raya juga dapat diproses secara cepat & akurat sesuai kebijakan perusahaan.

 

Tidak hanya fitur absensi, Aplikasi HRIS juga dilengkapi dengan fitur pengaturan shift kerja hingga pengajuan cuti secara online yang dapat dilakukan dengan mudah.

 

Tertarik dengan fitur absensi online Aplikasi HRIS Pro-Int? Hubungi dan konsultasikan kebutuhan HR perusahaan Anda bersama konsultan kami yang profesional dan rasakan sendiri berbagai manfaat yang akan Anda peroleh bersama dengan kami!

 

Hubungi Tim Sales kami di nomor +6215823108/09/10, atau email ke sales@pro-int.com.

 

Baca Juga : 5 Keunggulan Aplikasi Absensi Online bagi Perusahaan

Kelola HR Otomatis

Absensi Online, Payroll, PPh 21, Mengatur Jadwal Kerja Karyawan Sampai Mengelola Pengembangan Karyawan atau Performance Appraisal

Terintegrasi Dalam Satu Aplikasi 

Coba Sekarang

Share :

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Baca Artikel Lainnya :

PT Pro-Int Dinamika

Telp: +622 158 231 08 / 09 / 10

Email: sales@pro-int.com

Lippo St. Moritz Office Tower, 17th Floor,

Unit 1701, West Jakarta City,

Jakarta 11610

© Pro-Int Dinamika 2021. All Right Reserved