Pro-Int Dinamika

Share on facebook
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Apa Software ERP Dapat Mempermudah Pengelolaan Cash Flow Perusahaan?

Kelola Cash Flow Perusahaan Lebih Mudah dengan Aplikasi ERP

 

Arus kas (cash flow) berkaitan erat dengan keuangan perusahaan karena merupakan suatu indikator penting dalam mengukur keefektifan penggunaan modal dan strategi bisnis yang sudah dilakukan oleh suatu perusahaan. Keuangan perusahaan yang baik akan berbanding lurus dengan cash flow perusahaan yang lancar juga.

 

Pengelolaan arus kas yang baik akan memudahkan pelaku usaha dalam mengembangkan bisnisnya sehingga hasil yang diperoleh akan sesuai dengan tujuan perusahaan. Sebaliknya, pengelolaan arus kas yang kurang baik akan mengakibatkan kerugian pada perusahaan.

 

Cash flow akan menggambarkan detail keluar masuknya kas dalam periode waktu tertentu sehingga dapat memberikan gambaran kesehatan bisnis yang sedang dijalani. Uang yang masuk (sumber pendapatan) disebut cash inflow yang dapat diperoleh dari hal seperti laba usaha & hasil investasi. Sedangkan uang keluar disebut cash outflow yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan, seperti penggajian karyawan, pembayaran pajak, tagihan, cicilan pinjaman & pembelian kebutuhan pokok.


Pemasukan yang lebih besar daripada pengeluaran akan menciptakan cash flow POSITIF sedangkan pengeluaran yang lebih besar daripada pemasukan akan menciptakan cash flow NEGATIF. Karena itu penting bagi perusahaan untuk memperhatikan arus kas agar bisa mengetahui perkembangan dan kemajuan bisnis.

 

Jenis-jenis Cash Flow

 

Company Cash Flow

 

Operational cash flow (aliran kas operasional)

 

Meliputi kas yang diterima (hasil penjualan produk atau jasa) dan kas dikeluarkan (penggajian, pembayaran bahan, dll) untuk aktivitas operasional bisnis. Agar aktivitas operasional bisnis dapat berjalan maksimal, maka pengelolaan cash flow harus dilakukan dengan tepat dan akurat. Perusahaan yang secara aktif berkembang membutuhkan aliran kas operasional yang bernilai positif untuk mempertahankan pertumbuhan bisnis.

 

Investment cash flow (aliran kas investasi)

 

Meliputi kas yang diterima dari penjualan ataupun pembelian aktiva tetap (berwujud & tidak berwujud). Berbanding terbalik dengan aliran kas operasional, nilai positif pada aliran kas investasi mengindikasikan bahwa keuangan bisnis perusahaan sedang dalam masalah sehingga harus menyetorkan modal untuk membiayai bisnis yang dimiliki.

 

Financing cash flow (aliran kas untuk pendanaan)

 

Merupakan kas yang berasal dari penambahan modal perusahaan (penyetoran modal awal, pinjaman dari bank, investor, dll). Aliran kas pendanaan juga merupakan arus kas bersih yang digunakan untuk membiayai perusahaan, seperti ekuitas, dividen & pembayaran hutang. Aliran kas pendanaan dikatakan positif jika menerima hutang dan negatif jika membayar hutang. Dikatakan baik apabila aliran kas ini bernilai positif karena uang yang masuk menimbulkan peningkatan pendapatan sehingga perusahaan dapat membayar hutangnya.

 

Baca juga: Apa itu Aplikasi ERP? Manfaat dan Tips Memilih Sistem ERP

 

Apa saja penyebab cash flow perusahaan bermasalah?

 

Penyebab Cash Flow Bermasalah

 

Cash flow yang tidak lancar dapat memberikan dampak buruk bagi perusahaan. Berikut beberapa permasalahan yang sering menjadi penyebab cash flow perusahaan tidak lancar.

 

Pencatatan yang tidak terorganisir 

 

Pencatatan keuangan dan pembukuan yang tidak terorganisir akan menghambat proses pengelolaan & pemantauan cash flow perusahaan sehingga berdampak pada meningkatnya kemungkinan terjadinya kesulitan finansial di masa depan.

 

Tidak melakukan pemantauan cash flow perusahaan

 

Perusahaan yang tidak memantau cash flow secara rutin kemungkinan akan menghadapi permasalahan finansial kedepannya. Pemantauan cash flow bermanfaat untuk mengetahui kinerja dan gambaran finansial perusahaan sehingga penggunaan anggaran perusahaan bisa lebih efektif, dan juga membantu perusahaan dalam membuat keputusan, dan perencanaan bisnis masa depan.

 

Mengabaikan pembayaran piutang yang tidak tepat waktu

 

Perusahaan diharuskan untuk secara aktif menagih piutangnya karena, dengan adanya keterlambatan pembayaran maka dapat menghambat pengelolaan cash flow yang akan berdampak buruk pada aktivitas finansial perusahaan.

 

Tidak memiliki pandangan bisnis jangka panjang

 

Perencanaan cash flow yang baik akan berdampak baik untuk perusahaan. Seluruh aktivitas finansial akan tercatat dengan lengkap dan benar sehingga dapat menghindarkan perusahaan dari permasalahan finansial. Hal ini dapat membantu perusahaan dalam memantau pembayaran invoice yang diterima, penggajian, pembayaran pajak, utang-piutang dan berbagai pembayaran lainnya. Bisnis akan berjalan lebih efektif sehingga perusahaan dapat berkembang lebih efisien.

 

Hutang perusahaan tidak dibayar dengan cepat & tepat waktu

 

Keterlambatan pembayaran hutang seringkali menyebabkan perusahaan membayar penalti. Melunasi hutang tepat waktu akan menyebabkan semakin sedikitnya jumlah bunga yang dibayarkan sehingga semakin sedikit pula jumlah uang yang dikeluarkan perusahaan. Oleh karena itu sangat penting untuk melunasi hutang tepat waktu agar finansial perusahaan tetap stabil & terkendali.

 

Mengapa cash flow penting?

 

Pengelolaan cash flow yang baik merupakan dasar untuk pengelolaan finansial perusahaan yang baik. Manfaat yang dapat diperoleh oleh para pelaku usaha dengan cash flow yang baik adalah sebagai berikut:

 

Mengetahui proses perkembangan bisnis secara Terperinci

 

Laporan arus kas dapat memberikan gambaran tentang kondisi finansial perusahaan, apakah sehat & terus berkembang atau bisnis sedang menghadapi hambatan yang mengakibatkan finansial perusahaan semakin menurun. Jika tidak ingin hal itu terjadi, salah satu solusinya adalah dengan menggunakan Software ERP dari Pro-Int Dinamika

 

Memudahkan proses Evaluasi bisnis bulanan dan tahunan

 

Laporan arus kas dapat menjadi bahan evaluasi untuk menggambarkan keefektifan dan efisiensi penggunaan kas perusahaan dalam periode waktu tertentu. Hasil evaluasi akan menunjukkan keberhasilan bisnis yang dapat dijadikan acuan dalam menganalisis dan menyusun langkah yang akan diambil dalam meningkatkan finansial perusahaan & perkembangan bisnis.

 

Membantu pengambilan keputusan dan perencanaan masa depan bisnis

 

Dengan adanya laporan arus kas yang dikelola dengan baik & benar maka dapat menjadi dasar pengambilan keputusan dan perencanaan perkembangan bisnis kedepannya. Perusahaan menjadi lebih mudah melakukan pembuatan strategi yang lebih tepat.

 

Kelola Arus Kas Lebih Mudah dengan Aplikasi Akuntansi

 

Kontrol arus kas secara menyeluruh kini dapat dilakukan dengan lebih cepat & akurat dengan Aplikasi Akuntansi dari Pro-Int Dinamika.

 

Pentingnya Aplikasi Akuntansi untuk Cash Flow Perusahaan

 

Tidak hanya mengelola arus kas, kini pembukuan hingga proyeksi arus kas dalam jangka pendek maupun jangka panjang juga dapat dilakukan seluruhnya dalam satu sistem. Pembukuan akan terorganisir dengan rapi serta semua laporan keuangan akan selalu up to date dan dapat dipantau melalui Software Akuntansi Pro-Int Dinamika, kapan saja & dimana saja.

 

Tertarik? Konsultasikan kebutuhan sistem ERP yang tepat untuk bisnis proses perusahaan Anda bersama kami sekarang & rasakan sendiri manfaat serta keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan pakai Pro-Int ERP. Klik disini untuk info lebih lengkapnya!

 

Baca Juga : Aplikasi ERP Untuk Permudah Pantau Stok Gudang Secara Real Time dan Akurat

Kelola HR Otomatis

Absensi Online, Payroll, PPh 21, Mengatur Jadwal Kerja Karyawan Sampai Mengelola Pengembangan Karyawan atau Performance Appraisal

Terintegrasi Dalam Satu Aplikasi 

Coba Sekarang

Share :

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Baca Artikel Lainnya :

PT Pro-Int Dinamika

Telp: +62 2150122299

Email: sales@pro-int.com

Lippo St. Moritz Office Tower, 17th Floor,

Unit 1701, West Jakarta City,

Jakarta 11610

© Pro-Int Dinamika 2021. All Right Reserved