Pro-Int Dinamika

Share on facebook
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Apa itu Aplikasi ERP? Manfaat dan Tips Memilih Sistem ERP

Apa itu Aplikasi ERP? Manfaat dan Tips Memilih Sistem ERP

 

Istilah ERP sudah tidak asing lagi didengar para pelaku bisnis. Enterprise Resource Planning (ERP) merupakan sistem yang berguna untuk mengotomatisasi, mengintegrasikan dan mengelola berbagai aktivitas operasional bisnis perusahaan.

 

Jika dulu sistem ERP hanya digunakan oleh para pelaku bisnis kalangan atas, kini sistem ERP sudah semakin populer dan banyak digunakan oleh berbagai ukuran dan sektor industri.

 

Mari simak bersama pengertian, manfaat dan tips memilih sistem ERP yang tepat bagi perusahaan pada artikel di bawah ini!

 

Pengertian Sistem ERP

 

ERP adalah aplikasi yang berperan penting dalam mengelola kegiatan bisnis harian sebuah perusahaan, mulai dari mengelola keuangan dan akuntansi, produksi, pengadaan, manajemen inventory, penjualan, distribusi, pembukuan hingga urusan perpajakan.

 

Penggunaan ERP memberikan banyak keuntungan bagi pelaku bisnis. Tidak hanya meningkatkan produktivitas serta efisiensi kerja, sistem ERP dapat memfasilitasi bisnis dengan cara memberikan data informasi yang akurat dan real-time.

 

Sistem ERP yang terintegrasi akan mengumpulkan data transaksi secara bersamaan dari berbagai sumber serta memberikan integritas data sehingga menghindari adanya data ganda. Keputusan bisnis pun dapat diambil dengan lebih baik karena adanya hasil data yang akurat dari sistem sehingga memudahkan perusahaan dalam mencapai tujuannya.

 

Manfaat ERP System

 

Mengapa sistem ERP penting bagi perusahaan? Ayo simak beberapa manfaat dari implementasi Aplikasi ERP yang akan didapatkan oleh perusahaan:

 

1. Meningkatkan Efisiensi

 

Sistem ERP menyederhanakan kegiatan operasional bisnis yang memakan banyak tenaga dan waktu. Berbagai fungsi bisnis yang rumit seperti pemeriksaan stok gudang, pembuatan laporan keuangan hingga pengawasan arus kas perusahaan dapat lebih mudah dilakukan secara otomatis dengan sistem ERP yang terintegrasi.

Kini pemantauan seluruh operasional bisnis dapat dilakukan dimana saja & kapan saja melalui sistem ERP. Dengan berkurangnya pekerjaan manual, hasil yang diperoleh pun akan diselesaikan dengan lebih cepat dan optimal sehingga produktivitas kerja pun akan terus meningkat.

 

Berikut adalah contoh dashboard Aplikasi ERP Pro-Int

 

Aplikasi ERP Pro-Int

 

Anda bisa mencoba Trial Demo Software Pro-Int ERP Sekarang jika Anda penasaran dengan kinerja dari aplikasi ERP ini.

 

2. Menghemat Pengeluaran

 

Software ERP Save Money

 

Penggunaan Aplikasi ERP menghemat pengeluaran biaya administrasi dan operasional perusahaan. Sebagian besar aktivitas bisnis akan diotomatisasi begitu juga dengan pekerjaan manual yang akan semakin berkurang karena adanya penggunaan sistem ERP.

 

Seluruh kebutuhan bisnis proses tersedia dalam satu Aplikasi ERP yang terintegrasi sehingga perusahaan tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan untuk menggunakan beberapa sistem yang berbeda pada setiap manajemennya.

 

Selain itu, sistem ERP menyajikan laporan keuangan yang lengkap dan akurat sehingga perusahaan dapat memprediksi pemasukan, pengeluaran dan kebutuhan stok gudang serta mengatur anggaran dengan lebih bijaksana.

 

3. Prakiraan Bisnis yang Tepat

 

Membuat prakiraan yang tepat merupakan hal yang penting bagi kemajuan suatu bisnis. Aplikasi ERP menyajikan data yang akurat & lengkap sehingga memudahkan para pemangku kepentingan dalam membuat prakiraan serta mengambil keputusan terbaik bagi perkembangan dan keberlangsungan bisnis yang dijalankan.

 

4. Meningkatkan Kolaborasi

 

Software ERP yang terintegrasi akan menyediakan data yang tersentralisasi dan juga up-to-date bagi masing-masing divisi sehingga dapat diakses secara real-time kapan saja & dimana saja tanpa harus mengganggu pekerjaan divisi lain. Hal ini jelas dapat memudahkan komunikasi & memperluas kolaborasi antar divisi dalam menjalankan bisnis perusahaan.

 

5. Mengoptimalkan Keamanan Data

 

Dengan adanya kecanggihan teknologi Password Hashing & Encrypted Data, keamanan data dapat terjaga dengan baik dan pemberian akses pun dapat dimonitor dengan ketat. Selain itu, software ERP akan mencatat seluruh aktivitas pengguna mulai dari login, akses menu hingga perubahan sejarah data. Hal ini akan memudahkan identifikasi aktivitas yang mencurigakan dalam sistem saat melakukan audit.

 

Baca juga: Aplikasi ERP untuk Permudah Pantau Stok Gudang Secara Real Time & Akurat

 

Tips Memilih Software ERP

Tips Memilih Software ERP

 

Penggunaan Aplikasi ERP membutuhkan investasi dana yang cukup besar serta waktu yang cukup lama di awal. Apabila pemilihan aplikasi kurang tepat maka akan membawa kerugian pada perusahaan. Oleh karena itu perusahaan harus lebih berhati-hati dalam memilih Sistem ERP yang tepat dan sesuai.

 

1. Kenali Kebutuhan Perusahaan

 

Keputusan menggunakan sistem ERP timbul karena adanya keterbatasan dan kebutuhan operasional bisnis yang tidak dapat diakomodir oleh perusahaan.

Permasalahan yang sering dihadapi antara lain, keterlambatan penerbitan laporan keuangan, proses data memerlukan waktu yang lama, data berbagai divisi tidak match, banyaknya duplikasi data hingga lemahnya kontrol keuangan.

 

2. Menyusun Requirement List

 

Setelah menjabarkan berbagai kebutuhan, kini saatnya perusahaan menyusun requirement list yang akan menjadi dasar pertimbangan saat memilih sistem ERP nantinya. Requirement List disusun dan dianalisis agar dapat menjelaskan apa saja yang dibutuhkan perusahaan.

 

3. Membandingkan Sistem Berdasarkan Kebutuhan

 

Requirement List yang disusun akan menggambarkan jenis aplikasi ERP yang dibutuhkan perusahaan. Untuk mendapatkan sistem yang tepat adalah dengan membandingkan antara requirement list dengan kelengkapan fitur yang tersedia pada sistem.

Apabila vendor aplikasi ERP menyediakan layanan uji coba pada satu siklus bisnis proses, hal ini akan lebih baik karena perusahaan akan mendapat gambaran besar penggunaan aplikasi tersebut.

 

4. Pengambilan Keputusan

 

Pengambilan keputusan merupakan tahap akhir dan juga tahap yang paling krusial bagi perusahaan dalam memutuskan ERP system yang tepat dan sesuai dengan requirement list.

 

Sistem ERP yang dipilih haruslah reliable, teruji dan mudah untuk digunakan. Selain itu, profil vendor dan client list vendor juga harus menjadi bahan pertimbangan karena kejelasan metodologi dan kesuksesan implementasi sistem menjadi kunci sukses dalam menjalankan project.

 

Ketahui lebih lanjut apa saja fitur yang dimiliki Software ERP Pro-Int

 

Saatnya Beralih Menggunakan ERP Software

 

Kelebihan Software ERP

 

Persaingan bisnis yang semakin ketat di era digitalisasi mendorong perusahaan untuk terus mengikuti perkembangan tren teknologi yang begitu cepat. Pengelolaan operasional bisnis dengan metode manual sudah tidak lagi efektif sehingga harus segera beralih dengan mengotomatisasi seluruh bisnis proses perusahaan. Dengan begitu perusahaan tidak tertinggal dari yang lain.

 

Kesulitan kelola bisnis proses perusahaan? Aplikasi Pro-Int ERP solusinya! Pro-Int telah membantu banyak perusahaan dari berbagai macam ukuran dan bidang industri sejak tahun 1996 dalam memberikan layanan konsultasi dan solusi aplikasi bisnis perusahaan.

 

Sebelum memilih Aplikasi ERP yang akan digunakan, identifikasi terlebih dahulu kebutuhan perusahaan sebagai bahan pertimbangan dalam memilih sistem yang tepat dan sesuai. Masih bingung dengan kebutuhan sistem ERP yang perusahaan Anda butuhkan? Konsultasikan bersama kami sekarang & rasakan sendiri manfaat serta keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan pakai Pro-Int ERP.

 

Tunggu apa lagi, Hubungi kami sekarang dan dapatkan berbagai penawaran terbaik dari kami!

 

Kelola HR Otomatis

Absensi Online, Payroll, PPh 21, Mengatur Jadwal Kerja Karyawan Sampai Mengelola Pengembangan Karyawan atau Performance Appraisal

Terintegrasi Dalam Satu Aplikasi 

Coba Sekarang

Share :

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Baca Artikel Lainnya :

PT Pro-Int Dinamika

Telp: +622 158 231 08 / 09 / 10

Email: sales@pro-int.com

Lippo St. Moritz Office Tower, 17th Floor,

Unit 1701, West Jakarta City,

Jakarta 11610

© Pro-Int Dinamika 2021. All Right Reserved