Pro-Int Dinamika

Share on facebook
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Administrasi HR Tidak Dikelola dengan Baik, Apa Dampaknya?

Semakin berkembangnya teknologi, pekerjaan manual sudah semakin tertinggal dan tidak lagi efektif untuk dilakukan. Terutama bagi seorang HR yang pekerjaannya tidak sedikit, mulai dari mengelola hampir seluruh kebutuhan administrasi karyawan terkait data, gaji, tunjangan, pph 21, cuti, hingga proses penilaian kinerja karyawan.

 

Work Administration

 

Data administrasi karyawan merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan dan dikelola dengan baik serta terstruktur oleh HR. Karena apabila tidak dikelola dengan baik maka beresiko terjadinya kesalahan hingga bisa saja memberikan berbagai dampak buruk bagi perusahaan.

 

Apa saja dampaknya?

 

Penurunan Tingkat Kepuasan Karyawan

 

Pengelolaan administrasi yang kurang baik akan berdampak pada penurunan tingkat kepuasan karyawan. Apabila karyawan merasa tidak puas, maka akan berpengaruh pada kinerja kerja dan produktivitas karyawan tersebut.

 

Sebagai contoh, manajemen cuti yang buruk, proses yang panjang dan memakan banyak waktu menunjukkan ketidakprofesionalan perusahaan sehingga akan mengecewakan karyawan karena hak mereka tidak dikoordinir dengan baik.

 

Menimbulkan Konflik Internal

 

Pentingnya pengelolaan administrasi karyawan yang baik adalah untuk mencegah karyawan merasa diperlakukan secara tidak adil atau mendapat pelayanan yang berbeda antara satu dengan yang lain agar tidak menimbulkan konflik dan perselisihan antara karyawan dan pihak perusahaan di masa yang akan datang.

 

Pengelolaan administrasi yang baik akan berdampak pada pemberian hak yang sesuai dengan proporsinya masing-masing, mulai dari pemberian gaji sesuai dengan perjanjian kerja, cuti diberikan sesuai hak dan ketentuan pemerintah, dll.

 

Meningkatkan Angka Turnover Perusahaan

 

Rasa ketidakpuasan ditambah dengan lingkungan kerja yang sering terjadi konflik akan mempengaruhi tingginya angka turnover pada perusahaan karena banyak karyawan yang keluar-masuk dalam waktu yang relatif singkat.

 

Pengelolaan administrasi HR yang buruk cenderung meningkatkan rasa tidak puas pada karyawan sehingga mereka mempertimbangkan untuk keluar/berhenti dari perusahaan. Jika angka turnover perusahaan tinggi maka akan berpengaruh juga pada produktivitas perusahaan yang tidak stabil.

 

Penurunan Produktivitas Perusahaan

 

Produktivitas menjadi suatu perhatian penting dan merupakan tolak ukur bagi kinerja perusahaan. Kinerja yang baik akan membantu perusahaan untuk mencapai targetnya lebih cepat agar tidak kalah saing dalam dunia bisnis.

 

Produktivitas perusahaan tentu tidak terlepas dari kinerja karyawan. Pengelolaan administrasi karyawan yang baik akan mempengaruhi tingkat kepuasan dan kinerja kerja karyawan. Jika karyawan merasa puas dan kinerja yang dihasilkan baik, maka produktivitas perusahaan pun akan meningkat.

 

Tidak Ada Integrasi Sistem

 

Data administrasi karyawan yang tidak tersimpan dalam satu sistem yang tersentralisasi menyebabkan tidak adanya integrasi antar data sehingga pekerjaan HR pun menjadi tidak efektif dan efisien. Hal ini juga akan meningkatkan kemungkinan terjadinya kesalahan saat pengelolaan.

 

Aplikasi HRIS untuk Kelola Administrasi Karyawan

 

Aplikasi HRIS

 

Melihat begitu banyaknya dampak yang akan dialami perusahaan yang tidak mengelola administrasi karyawannya dengan baik, kini sudah saatnya beralih menuju otomatisasi dengan sistem HR. Pengelolaan data administrasi lebih rapi dan terstruktur, tidak perlu lagi double input karena seluruh data tersedia dalam satu sistem yang tersentralisasi dan saling terintegrasi.

 

Adanya integrasi data akan mendorong kinerja HR menjadi lebih efektif dan efisien. Seluruh data terkelola dengan baik sehingga HR dapat lebih fokus dalam menjalankan berbagai program hingga pelatihan yang bertujuan untuk mengembangkan SDM perusahaan.

 

Pro-Int HRIS merupakan salah satu jawaban untuk atasi kerumitan aktivitas HR perusahaan Anda melalui end-to-end HR process. Seluruh proses HR dapat dikelola dalam satu sistem yang terintegrasi, mulai dari data administrasi, absensi online, cuti, perhitungan gaji, tunjangan & PPh-21, penilaian kinerja hingga perancangan program pelatihan.

 

Dengan berbagai kelengkapan fitur yang disediakan, kini Anda hanya perlu fokus mengelola dan mengembangkan potensi SDM perusahaan. Tunggu apa lagi? Yuk hubungi kami sekarang dan rasakan sendiri manfaat dari berbagai kelengkapan fitur yang kami sediakan dalam Aplikasi HRIS Pro-Int.

Kelola HR Otomatis

Absensi Online, Payroll, PPh 21, Mengatur Jadwal Kerja Karyawan Sampai Mengelola Pengembangan Karyawan atau Performance Appraisal

Terintegrasi Dalam Satu Aplikasi 

Coba Sekarang

Share :

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Baca Artikel Lainnya :

PT Pro-Int Dinamika

Telp: +62 2150122299

Email: sales@pro-int.com

Lippo St. Moritz Office Tower, 17th Floor,

Unit 1701, West Jakarta City,

Jakarta 11610

© Pro-Int Dinamika 2021. All Right Reserved