Pro-Int Dinamika

Share on facebook
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Kompetensi Karyawan: Pentingkah dalam Lingkungan Kerja?

Kompetensi sangat dibutuhkan dalam seluruh aspek kehidupan. Pada dasarnya setiap orang memiliki karakter berdasarkan kemampuan yang harus dikuasai, diolah dan dikembangkan sehingga kompetensi yang dimiliki dapat berguna dimana saja terutama di dunia kerja.

 

 

Apa itu Kompetensi?

 

Kompetensi adalah seperangkat keterampilan yang diperlukan dalam melakukan suatu pekerjaan secara efektif dan efisien. Kompetensi memberikan pemahaman tentang apa yang harus dikembangkan agar dapat dinilai dan dihargai.

 

Kompetensi karyawan merupakan salah satu indikator yang sangat penting & berpengaruh dalam perusahaan karena kompetensi berjalan beriringan dengan keberhasilan suatu perusahaan. Kompetensi erat kaitannya dengan pengetahuan serta kesediaan karyawan dalam melakukan sesuatu sehingga keinginan dan tujuan yang diharapkan dapat tercapai.

 

Semakin tinggi kompetensinya, semakin berkembang pula perusahaan. Kompetensi akan membantu perusahaan dalam mengetahui sejauh mana karyawan dapat berkontribusi sesuai dengan visi misi perusahaan yang telah ditetapkan.

 

 

Kompetensi dapat menjadi indikator pemacu semangat dan motivasi karyawan dalam mengembangkan diri sehingga dapat memberikan nilai tambah baik bagi dirinya dimanapun ia ditempatkan. Dalam mencapai kompetensi yang dibutuhkan, seorang karyawan harus mampu melakukan berbagai tugas pada tingkat kemahiran yang ditargetkan.

 

Setiap perusahaan wajib mengadakan evaluasi kinerja dan kompetensi kepada setiap karyawan secara berkala. Proses penilaian & evaluasi dilakukan untuk memantau apakah karyawan menjalankan pekerjaan sesuai dengan jabatan atau posisi yang karyawan tempati.

 

Evaluasi penting dilakukan karena perusahaan ingin karyawan dapat bekerja secara efektif, sesuai dan sejalan dengan tujuan dari perusahaan sehingga akan membawa keberhasilan dan keuntungan bagi kedua pihak. Perusahaan juga dapat menjadikannya sebagai indikator penentu dalam mengadakan berbagai macam kegiatan dalam meningkatkan kompetensi karyawan.

 

Baca juga : Kenali Pengertian, Fungsi dan Penerapan HRIS pada Perusahaan

 

Manfaat Kompetensi

 

Tanpa kompetensi karyawan yang baik, perusahaan akan mengalami hambatan dalam mencapai tujuannya karena kompetensi berperan erat dalam menunjukkan keberhasilan karyawan dalam mengerjakan tugas yang diberikan dan menghasilkan pekerjaan yang terbaik bagi perusahaan. Kompetensi juga penting dalam memilih calon kandidat saat proses rekrutmen dilakukan.

 

Kompetensi yang dimiliki oleh setiap orang memiliki peranan yang penting terhadap efektivitas pelaksanaan tugas dan pekerjaan yang diberikan. Dengan adanya kompetensi maka akan:

  • Memperjelas standar kerja dan tujuan yang ingin diraih oleh perusahaan
  • Menyeimbangkan perilaku kerja dan kaidah perusahaan
  • Memaksimalkan produktivitas perusahaan
  • Mengembangkan sistem remunerasi
  • Membantu adaptasi perusahaan atas perubahan yang terjadi

 

 

Cara Meningkatkan Kompetensi

 

 

Mengembangkan dan meningkatkan kompetensi karyawan dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya mengadakan kegiatan yang dilakukan secara berkelanjutan sehingga mampu menjaga kualitas kompetensinya dan mengevaluasi apabila ada masih kurang serta perlu dikembangkan.

 

1. Pelatihan

 

Pelatihan penting untuk mengembangkan dan meningkatkan kompetensi karyawan. Selain itu, pelatihan juga berperan penting dalam mempertahankan sekaligus meningkatkan produktivitas serta performa perusahaan.

 

2. Job Enrichment

 

Memberikan tugas dan tanggung jawab yang lebih besar dan kompleks baik dari segi kualitas maupun kuantitas kepada karyawan menjadi salah satu cara meningkatkan kompetensi karyawan. Tujuannya agar karyawan merasa tertantang dalam melakukan tugas dan tanggung jawab baru, sehingga kompetensi pun meningkat.

 

3. Studi Banding

 

Studi banding akan memotivasi karyawan untuk lebih inovatif dan lebih kreatif dalam bekerja. Tidak hanya meningkatkan pengetahuan, namun juga kompetensi karyawan pun akan semakin berkembang.

 

4. Promosi Jabatan

 

Merupakan pemindahan tugas dari suatu jabatan ke jabatan yang tingkatannya lebih tinggi dengan penghasilan, tunjangan, tanggung jawab dan job desk yang lebih kompleks dalam meningkatkan karir dan kompetensinya.

 

5. Rotasi Kerja

 

Rutinitas kerja yang monoton akan menyebabkan kebosanan dan kejenuhan sehingga berakibat pada penurunan produktivitas yang juga akan menurunkan kompetensi karyawan. Rotasi kerja akan memberikan rutinitas baru sehingga mendorong karyawan untuk bekerja lebih efektif dan efisien.

 

6. Teamwork

 

Membangun teamwork dalam lingkungan kerja sangat penting. Kerjasama tim yang baik akan menciptakan solusi yang lebih cepat dan tepat dalam menghadapi tantangan perusahaan.

 

7. Personal Development

 

Membangun kepribadian personal setiap karyawan dengan baik akan membentuk relasi kerja yang baik juga dan akan menjaga kekompakan antar karyawan dalam perusahaan.

 

 

Kompetensi karyawan berperan  penting dalam perusahaan

 

Meningkatkan kompetensi karyawan sangat penting untuk membantu perusahaan terus berjalan dan mencapai tujuan bisnis suatu perusahaan dengan lebih mudah dan cepat meski dalam keadaan sulit sekalipun.

 

Setelah mengetahui pentingnya peran kompetensi, alangkah baiknya perusahaan mulai memperhatikan kompetensi yang dimiliki setiap karyawan dan mulai melakukan pengukuran kompetensi karyawan serta evaluasi tim untuk melihat hal apa saja yang perlu diperbaiki demi keberhasilan bisnis perusahaan.

 

Tunggu apa lagi, segera hubungi Tim Sales kami di nomor +6215823108/09/10, atau email ke sales@pro-int.com.

 

Baca Juga : Cara Menilai dan Mengukur Kinerja Karyawan

 

Kelola HR Otomatis

Absensi Online, Payroll, PPh 21, Mengatur Jadwal Kerja Karyawan Sampai Mengelola Pengembangan Karyawan atau Performance Appraisal

Terintegrasi Dalam Satu Aplikasi 

Coba Sekarang

Share :

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Baca Artikel Lainnya :

PT Pro-Int Dinamika

Telp: +62 2150122299

Email: sales@pro-int.com

Lippo St. Moritz Office Tower, 17th Floor,

Unit 1701, West Jakarta City,

Jakarta 11610

© Pro-Int Dinamika 2021. All Right Reserved