Pro-Int Dinamika

Share on facebook
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Rekrutmen: Pengertian, Tujuan & Keuntungan Menggunakan Fitur e-recruitment dalam Aplikasi HRIS

Proses rekrutmen karyawan termasuk salah satu hal yang vital bagi perusahaan yang dilakukan secara berkala maupun kondisional karena di tengah situasi bisnis yang semakin pesat saat ini, proses rekrutmen perusahaan menjadi sangat kompetitif. Setiap perusahaan akan saling berkompetisi untuk mendapatkan karyawan yang potensial.

 

 

Pengertian Rekrutmen

 

Rekrutmen merupakan proses komunikasi dua arah antara recruiter dan pelamar. Rekrutmen sendiri dapat diartikan sebagai rangkaian kegiatan mencari kemudian mewawancarai kandidat yang berpotensi dan memiliki kualifikasi yang sesuai untuk dipekerjakan pada posisi tertentu dalam perusahaan.

 

Perusahaan tentu ingin mendapatkan talent yang tepat, karena itu proses rekrutmen tidak bisa dilakukan sembarangan. Rekrutmen yang berjalan dengan baik, artinya banyak kandidat yang melamar sehingga peluang perusahaan untuk mendapatkan karyawan yang tepat terbuka lebar dan dapat memilih yang terbaik diantara yang baik.

 

 

The Right Man on The Right Place” merupakan istilah yang sering digunakan dalam divisi manajemen sumber daya manusia. Proses rekrutmen karyawan diharapkan mampu menghasilkan talent yang handal sebagai mitra strategik perusahaan, sehingga proses penempatan karyawan yang disesuaikan dengan job specification dan job description dapat berjalan dengan efektif.

 

 

Tujuan Rekrutmen

 

Proses rekrutmen mungkin terlihat hanya sebatas mencari kandidat yang akan mengisi posisi yang dibutuhkan perusahaan. Namun, pada kenyataannya tidak sesederhana itu.

 

Tidak hanya sekedar mempekerjakan, tujuan rekrutmen sesungguhnya yaitu untuk menemukan talenta terbaik karena sangatlah penting menempatkan orang yang tepat pada posisi yang tepat juga. Rekrutmen bertujuan memenuhi kebutuhan sumber daya perusahaan sesuai dengan posisi, jabatan, potensi dan kualifikasi yang dibutuhkan.

 

Sehingga merupakan suatu kewajiban bagi seorang recruiter untuk memiliki pemahaman, kemampuan dan pengalaman yang baik terkait posisi pekerjaan yang sedang dicari, kualifikasi apa yang sesuai dan dibutuhkan hingga memilih kandidat yang tepat. Dengan begitu proses rekrutmen pun akan terlaksana dengan baik.

 

 

Dulu proses rekrutmen dilakukan dengan memasang iklan di surat kabar ataupun majalah, namun sekarang rekrutmen dapat dilakukan secara online melalui website perusahaan dan juga ke berbagai platform social media, seperti Facebook, Instagram, Twitter dan LinkedIn. Bahkan kini juga tersedia aplikasi yang dapat membantu HRD dalam menjalankan proses rekrutmen perusahaan.

 

Tugas seorang HRD dalam merekrut karyawan memiliki tantangan tersendiri. Proses seleksi dan memilah dari ratusan hingga ribuan calon kandidat hingga akhirnya menemukan kandidat yang tepat akan sulit dilakukan dan menyita banyak waktu jika dilakukan secara manual.

 

Sejalan dengan era serba digital, sudah waktunya untuk beralih dari proses manual menuju proses otomatisasi. Sehingga perusahaan perlu mulai mempertimbangkan penggunaan aplikasi yang dapat mengoptimalkan proses rekrutmen perusahaan.

 

Baca juga : Pentingkah Kompetensi dalam Lingkungan Kerja?

 

Keuntungan dari Rekrutmen Online

 

 
 

1. Proses rekrutmen lebih efektif

 

Salah satu permasalahan yang sering dihadapi oleh HR adalah menyita banyak waktu. Sistem e-recruitment memudahkan HR mulai dari memposting lowongan kerja di job portal hingga menyaring kandidat sesuai kebutuhan perusahaan secara otomatis.

 

Komunikasi dengan calon kandidat juga dapat lebih mudah dilakukan. Dengan begitu proses rekrutmen pun akan menjadi lebih optimal.

 

2. Akses mudah kapan saja dan di mana saja

 

Pengguna dapat mengakses informasi dan data dengan mudah, kapan saja dan dimana saja meskipun diluar jam kantor, selama tersedianya jaringan internet. Biaya yang dikeluarkan pun lebih sedikit dengan adanya job portal online. Dengan begitu pekerjaan akan menjadi lebih efektif & efisien.

 

3. Data kandidat mudah ditransfer dalam sistem

 

Informasi data kandidat akan dengan mudah ditransfer ke dalam database perusahaan ketika ia sudah menjadi karyawan sehingga tidak perlu lagi melakukan pengulangan input data. Resiko berkas kandidat hilang pun akan semakin kecil karena semuanya akan tersimpan dalam sistem.

 

4. Memperluas jangkauan calon kandidat

 

Menemukan talent yang terbaik dapat dilakukan salah satunya dengan memperluas jangkauan dalam mencari calon kandidat. Dengan adanya website, social media dan aplikasi HR maka dapat membantu perusahaan dalam memperluas jangkauan untuk menemukan calon kandidat yang diinginkan.

 

5. Meningkatkan kualitas pelamar kerja

 

Tujuan proses rekrutmen adalah mendapatkan kandidat yang berkualitas, tepat dan sesuai kebutuhan perusahaan. Beban pekerjaan administrasi akan berkurang dengan adanya fitur e-recruitment sehingga fokus tertuju pada identifikasi kandidat yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

 

6. Lebih menghemat waktu

 

Efisiensi waktu menjadi tujuan utamanya. Pekerjaan yang bersifat administratif yang memakan banyak waktu dapat dikurangi apabila proses rekrutmen dilakukan secara digital.

 

Tidak ada lagi berkas menumpuk dari kandidat yang harus dipilah secara manual. Pencarian berkas calon kandidat juga dapat dilakukan lebih mudah & cepat.

 

Penggunaan Aplikasi HRIS

 

Proses rekrutmen tidak perlu lagi dipusingkan oleh pihak recruiter terutama HRD apalagi terkait tumpukan kertas yang begitu banyak dari para kandidat hingga input data calon kandidat yang akan direkrut untuk menjadi karyawan.

 

Dengan adanya aplikasi HRIS yang diperkaya dengan fitur e-Recruitment karyawan, kini semuanya dapat di otomatisasikan sehingga HRD tidak perlu lagi menginput data secara berulang. Aplikasi ini dapat menjadi solusi yang komprehensif dalam mempermudah proses mulai dari perencanaan, administrasi hingga dilakukannya proses rekrutmen karyawan.

 

 

Fitur e-recruitment dapat membantu pengelolaan proses rekrutmen karyawan dengan melacak calon potensial dan sesuai spesifikasi pekerjaan yang dapat membawa keuntungan besar bagi perusahaan. Selain itu, juga memberikan kesempatan bagi kandidat untuk mengakses website perusahaan dan melihat lowongan yang tersedia hingga mengajukan lamaran dan formulir data pribadinya.

 

Tidak hanya itu, aplikasi HRIS dapat mendokumentasikan seluruh proses rekrutmen yang sedang berjalan sehingga akan lebih mudah untuk dipantau perkembangannya.

 

Mulai dari proses permintaan karyawan, proses e-recruitment, menyaring kandidat berdasarkan spesifikasi pekerjaan dan profil talenta, mengevaluasi calon potensial karyawan, melakukan penawaran, hingga perekrutan aktual proses. Data kandidat bisa dengan mudah ditransfer ke dalam database perusahaan.


Dengan ini perusahaan dapat menghemat waktu, tenaga dan biaya serta fokus pada bisnis utamanya. Sederhanakan proses rekrutmen perusahaan Anda dan dapatkan hasil yang optimal. Ayo konsultasikan kebutuhan sistem HR yang tepat dan sesuai untuk kebutuhan bisnis proses perusahaan Anda dengan sales kami sekarang!

 

Tunggu apa lagi, segera hubungi Tim Sales kami di nomor +6215823108/09/10, atau email ke sales@pro-int.com.

 

Baca Juga : Penjelasan Fitur Software HRIS

 

Kelola HR Otomatis

Absensi Online, Payroll, PPh 21, Mengatur Jadwal Kerja Karyawan Sampai Mengelola Pengembangan Karyawan atau Performance Appraisal

Terintegrasi Dalam Satu Aplikasi 

Coba Sekarang

Share :

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Baca Artikel Lainnya :

PT Pro-Int Dinamika

Telp: +62 2150122299

Email: sales@pro-int.com

Lippo St. Moritz Office Tower, 17th Floor,

Unit 1701, West Jakarta City,

Jakarta 11610

© Pro-Int Dinamika 2021. All Right Reserved