Pro-Int Dinamika

Share on facebook
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Aplikasi ERP untuk Permudah Pantau Stok Gudang Secara Real Time & Akurat

Aplikasi ERP dan Manfaatnya untuk Mengelola Stok Gudang

 

Manajemen gudang dalam pengelolaan stok barang sangat penting dalam menjalankan suatu bisnis. Gudang berperan penting dalam mengelola dan menyimpan stok barang agar terorganisir dengan rapi, tidak rusak ataupun hilang.

 

Pengelolaan stok gudang dan pemantauan persediaan merupakan kegiatan yang sangat rumit, menyita banyak waktu dan beresiko tinggi. Stok gudang kosong, letak stok barang berantakan & tanpa kode pengenal, tanggal kadaluarsa yang tidak terkontrol hingga kesulitan kelola keluar masuknya barang merupakan beberapa kendala yang umum dijumpai saat mengelola stok gudang yang masih dilakukan secara manual.

 

Pekerjaan akan menjadi kurang efisien sehingga hasil yang diperoleh pun tidak maksimal.

 

Memasuki era digitalisasi, pergerakan bisnis semakin cepat sehingga perusahaan wajib mengalihkan proses manual menuju otomatisasi dengan sistem terintegrasi. Dengan demikian seluruh aktivitas bisnis proses perusahaan akan terus berkembang secara efektif, meningkatkan produktivitas dan juga mempermudah optimalisasi sumber daya yang ada dalam perusahaan sehingga kredibilitas dan kualitas dari suatu perusahaan dapat dipertahankan.

 

smart manufacturing software

 

Salah satu solusinya yaitu Aplikasi ERP yang dapat mengoptimalkan manajemen stok gudang dan meningkatkan efektivitas dalam pencatatan seluruh kegiatan gudang menjadi lebih baik sehingga tidak menghambat aktivitas bisnis perusahaan Anda.

 

Aplikasi ERP menawarkan solusi otomatisasi bisnis proses yang akan meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja. Dengan aplikasi ERP yang terintegrasi maka stok gudang akan lebih terkendali sehingga kegiatan operasional bisnis akan semakin cepat dan lancar.

 

Pemilihan aplikasi ERP yang tepat akan sangat membantu memudahkan bisnis proses yang begitu rumit. Pelajari banyaknya manfaat yang akan didapatkan melalui penggunaan aplikasi ERP yang tepat untuk kelola stok gudang perusahaan Anda pada penjelasan di bawah ini.

 

Baca juga: Apa itu Aplikasi ERP? Manfaat dan Tips Memilih Sistem ERP

 

 

erp for manufacturing

 

Meningkatkan efisiensi waktu

 

Stock opname yang masih dilakukan secara manual rentan dengan human error serta akan menyita banyak waktu dan tenaga terutama bila gudang yang dimiliki perusahaan banyak. Pencatatan stok gudang dengan jumlahnya yang mencapai ribuan secara manual akan sangat melelahkan dan menjemukan.

 

Oleh karena itu, penggunaan Aplikasi ERP sangatlah tepat karena dapat menghemat banyak waktu serta meningkatkan kecepatan aktivitas manajemen gudang sehingga segala jenis transaksi dan operasional gudang akan lebih optimal.

 

Optimalkan kontrol ketersediaan stok di gudang secara otomatis

 

Pengendalian ketersediaan stok gudang berperan penting bagi perusahaan. Selain mengetahui ketersediaan, pendataan barang mana yang mendekati tanggal kadaluarsa juga tidak kalah pentingnya. Namun jika seluruhnya masih dilakukan secara manual, maka akan menyita banyak waktu maupun tenaga, peluang terjadinya kesalahan besar serta meningkatkan beban kerja pada karyawan apalagi jika gudang yang dimiliki banyak yang akan berdampak pada hasil yang diperoleh tidak optimal.

 

Sebaliknya, dengan penggunaan aplikasi ERP dapat mengotomatisasi kontrol persediaan sehingga pekerjaan dapat dilakukan dengan lebih cepat, optimal dan akurat. Tidak akan ada momen kehabisan persediaan karena sistem akan memberikan notifikasi secara otomatis agar perusahaan dapat langsung melakukan restock sebelum persediaan kosong. Aplikasi ERP juga dapat mengendalikan replenishment stock agar tidak terjadi over purchasing.

 

Meminimalisir terjadinya human error

 

Pekerjaan yang bersifat administratif akan sangat membosankan dan rentan akan kesalahan atau human error. Apabila terjadi kesalahan pada pencatatan maka perusahaan akan mengalami kerugian.

 

Aplikasi ERP dapat menjadi solusi dalam meminimalisir terjadinya human error. Pencatatan stok barang akan menjadi lebih cepat dan mudah sehingga efisiensi kerja dapat ditingkatkan. Data yang dihasilkan pun akan lebih akurat sehingga manajemen gudang menjadi lebih optimal dan efektif.

 

Estimasi kebutuhan inventaris lebih mudah

 

Dalam manajemen gudang, melakukan estimasi persediaan bertujuan menghindari terjadinya kekurangan atau bahkan kehabisan stok barang di gudang. Aplikasi ERP akan membantu melakukan estimasi kebutuhan sehingga perusahaan dapat mengetahui kebutuhan apa saja yang perlu ditambahkan.

 

Pantau pergerakan persediaan stok kapan saja & dimana saja

 

Kemudahan dalam memantau pergerakan persediaan stok barang adalah hal yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Dengan adanya Aplikasi ERP, pengaturan dan pemantauan pergerakan stok dapat dilakukan secara real time kapanpun dan dimanapun tanpa perlu mengunjungi gudang langsung, proses lebih cepat, data yang dihasilkan akurat, menghemat waktu serta meminimalisir pengeluaran perusahaan. 

 

Cegah penimbunan stok gudang dengan memastikan produk lama terjual lebih dulu

 

Aplikasi ERP mendukung metode First-In-First-Out (FIFO) agar barang yang lebih dahulu masuk di gudang atau masa penyimpanannya lebih lama harus keluar/terjual terlebih dahulu. Pemisahan antara stok barang lama dan stok barang baru yang ada di gudang akan memudahkan perusahaan dalam mengetahui jumlah stok barang lama yang masih tersisa dan menghindari tercampurnya stok barang lama dan stok barang baru.

 

Hemat biaya operasional

 

Penggunaan aplikasi ERP akan mengotomatisasi seluruh kegiatan operasional bisnis dalam meningkatkan efisiensi pengelolaan persediaan stok dan berbagai bisnis proses lainnya sehingga dapat mengurangi pengeluaran biaya bagi perusahaan.

 

Efektifkan pengelolaan stok pada berbagai lokasi

 

Aplikasi ERP memudahkan Anda dalam memantau serta mengendalikan aktivitas seluruh gudang dalam mengelola persediaan dari berbagai lokasi yang Anda miliki dari satu tempat. Dengan begitu tidak perlu lagi meminta data dari setiap kepala gudang untuk mengetahui banyaknya stok barang yang masih tersedia pada setiap gudang.

 

manufacturing software solutions

 

Manajemen gudang yang masih menggunakan dokumen kertas sudah tidak lagi efisien karena kini monitor pergerakan dan pemantauan jumlah stok di gudang dapat dengan mudah dilakukan melalui aplikasi ERP yang terintegrasi.

 

Tidak akan ada lagi penimbunan persediaan, kehabisan stok barang, kadaluarsa stok yang tidak terpantau maupun resiko kerugian karena data yang tidak akurat.


Lakukan stock opname lebih cepat dan akurat dengan fitur lengkap yang saling terintegrasi dengan aplikasi ERP terbaik dari Pro-Int Dinamika. Bagi Anda yang sedang menjalankan bisnis serta membutuhkan aplikasi yang dapat membantu manajemen gudang, Pro-Int ERP dapat menjadi pilihan terbaik bagi perusahaan Anda. Klik disini dan konsultasikan kebutuhan bisnis proses Anda dengan konsultan terbaik kami.

 

Hubungi Tim Sales kami di nomor +6215823108/09/10, atau email ke sales@pro-int.com.

 

Baca Juga : Mengelola Absensi Karyawan dengan Cepat & Mudah

Kelola HR Otomatis

Absensi Online, Payroll, PPh 21, Mengatur Jadwal Kerja Karyawan Sampai Mengelola Pengembangan Karyawan atau Performance Appraisal

Terintegrasi Dalam Satu Aplikasi 

Coba Sekarang

Share :

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Baca Artikel Lainnya :

PT Pro-Int Dinamika

Telp: +62 2150122299

Email: sales@pro-int.com

Lippo St. Moritz Office Tower, 17th Floor,

Unit 1701, West Jakarta City,

Jakarta 11610

© Pro-Int Dinamika 2021. All Right Reserved