Pro-Int Dinamika

Share on facebook
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

4 Alasan Mengapa Bisnis Menengah Ke Atas Membutuhkan ERP

Bisnis bukanlah hal yang mudah untuk dijalani. Pelaku bisnis dituntut untuk bisa mengelola seluruh aspek bisnis mulai dari pengelolaan keuangan, inventaris hingga berbagai kebutuhan operasional lainnya.

 

Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa jika mengurus semua itu dengan cara manual, akan meningkatkan terjadinya human error.

 

Software ERP merupakan tool yang dapat membantu perusahaan, baik bisnis baru hingga bisnis menengah keatas untuk mengurus semua aspek bisnisnya. Sistem ERP dapat membantu integrasi antar departemen, meningkatkan akurasi dalam proses bisnis, menghemat biaya operasional bisnis, dan masih banyak lagi.

 

Namun sebelum itu, apa Anda sudah tahu apa itu ERP? Yuk simak selengkapnya pada artikel dibawah ini.

 

Pengertian ERP

 

Software ERP

 

ERP atau Enterprise Resource Planning adalah aplikasi atau sistem untuk mengotomatisasi, mengintegrasikan dan mengelola berbagai aktivitas operasional bisnis perusahaan.

 

Dulu, sistem ERP hanya digunakan oleh bisnis berskala besar. Namun dengan adanya perubahan zaman, kini sistem ERP sudah banyak digunakan oleh bisnis dari berbagai kalangan, terlebih lagi bisnis menengah ke atas.

 

Dengan sistem ERP, pengelolaan bisnis perusahaan dapat lebih dipermudah, selain itu pengeluaran perusahaan juga dapat ditekan sehingga biaya operasional menjadi lebih efisien.

 

Baca Juga: Apa itu Aplikasi ERP? Manfaat dan Tips Memilih Sistem ERP

 

Mengapa Software ERP Dapat Membantu Bisnis Menengah Ke Atas?

 

Bisnis Menengah Ke Atas

 

Bisnis akan menjadi rumit dan sulit untuk dijalankan apabila semua proses pengelolaannya masih dilakukan secara manual. Maka dari itu sangat direkomendasikan untuk menggunakan Software ERP. Berikut berbagai manfaat mengapa ERP dapat membantu bisnis skala menengah ke atas:

 

Monitoring Data Secara Real Time

 

Sistem ERP dapat membantu Anda memantau data perusahaan dan berperan penting dalam pengambilan keputusan sehingga keputusan yang diambil dapat dipertanggung jawabkan karena disesuaikan dengan data yang tersedia.

 

Data-data yang diperoleh dari hasil monitoring melalui software ERP, seperti data penjualan, inventaris, keuangan, pengeluaran & pemasukan, akan membantu bisnis dalam mengambil keputusan yang lebih akurat dan sesuai dengan target dan tujuan dari bisnis dengan resiko kesalahan yang lebih kecil.

 

Membantu Mengelola Cash Flow

 

Arus kas merupakan hal yang penting karena dengan arus kas pelaku bisnis dapat mengetahui proses perkembangan bisnis secara terperinci. Selain itu juga dapat memberikan gambaran tentang kondisi finansial perusahaan. Bisnis yang pengelolaan arus kasnya tidak baik mengakibatkan finansial bisnis tersebut tidak stabil dan menurun.

 

Software ERP dapat membantu mengelola arus kas bisnis agar pengeluaran dan pemasukan kas dapat dikelola dengan lebih rapi dan terstruktur. Pengelolaan cash flow yang baik dan benar akan memudahkan bisnis untuk berjalan lebih lancar sehingga hasil yang diperoleh sesuai dengan target dan tujuan perusahaan.

 

Baca artikel terkait: Apa Software ERP Dapat Mempermudah Pengelolaan Cash Flow Perusahaan?

 

Perencanaan Bisnis yang Lebih Matang

 

Perencanaan merupakan bagian yang penting bagi bisnis, tak terkecuali bisnis menengah ke atas. Walaupun bisnis sudah berada di fase yang stabil, jika salah dalam dalam perencanaan bisnis, maka bukan tidak mungkin akan membahayakan kestabilan perusahaan.

 

Perencanaan harus diiringi dengan data yang akurat dan sistem ERP dapat menjadi solusinya. Sistem ERP dapat membantu menyusun perencanaan bisnis yang lebih matang dengan adanya data dan analisa yang lebih mudah untuk diaplikasikan.

 

Meningkatkan Efisiensi Pekerjaan

 

Penggunaan ERP dalam bisnis menengah ke atas dapat menghemat banyak waktu dan juga meningkatkan efisiensi proses bisnis di perusahaan, terutama jika bisnisnya membutuhkan mobilitas yang cepat. Software ERP dapat membantu pekerjaan yang biasanya memakan banyak waktu menjadi lebih efisien.

 

Semua kegiatan dan operasional bisnis dapat dipantau secara fleksibel, kapan saja dan dimana saja hanya dengan software ERP. Beban pekerjaan manual yang berkurang akan menghasilkan pekerjaan yang lebih efisien. Karyawan dapat lebih fokus terhadap pekerjaan utamanya tanpa harus mengganggu tim lain karena semua data tersedia dan saling terintegrasi dalam sistem ERP.

 

Bisnis Lebih Terarah dan Terstruktur dengan Software ERP

 

Dalam era digitalisasi, pekerjaan yang masih dilakukan secara manual akan sangat menyulitkan, terutama bagi bisnis dengan skala besar dan mobilitas tinggi. Pengelolaan operasional bisnis dalam satu aplikasi yang terintegrasi dapat menjadi solusinya.

 

Sistem ERP merupakan sistem yang bisa membantu semua bisnis dari berbagai level, termasuk bisnis skala menengah keatas. Aplikasi ERP Pro-Int telah membantu banyak perusahaan dan bisnis dari berbagai macam ukuran dan bidang industri sejak tahun 1996.

 

Pro-Int ERP menyediakan berbagai fitur yang dapat mengakomodasi kemudahan proses bisnis, mulai dari otomatisasi pembuatan laporan keuangan, kelola cash management, corporate tax, hingga pantau inventaris dan stok gudang secara real time.

 

Tidak hanya itu, sistem ERP dilengkapi juga dengan pengelolaan operational flow bisnis mulai dari proses pembelian, penjualan, hingga pemantauan distribusi produk.

 

Ingin mulai menggunakan sistem ERP namun masih ada yang perlu ditanyakan? Konsultasikan apa yang Anda butuhkan bersama kami sekarang. Hubungi kami dan permudah pengelolaan operasional bisnis Anda bersama Pro-Int Dinamika!

Kelola HR Otomatis

Absensi Online, Payroll, PPh 21, Mengatur Jadwal Kerja Karyawan Sampai Mengelola Pengembangan Karyawan atau Performance Appraisal

Terintegrasi Dalam Satu Aplikasi 

Coba Sekarang

Share :

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Baca Artikel Lainnya :

PT Pro-Int Dinamika

Telp: +62 2150122299

Email: sales@pro-int.com

Lippo St. Moritz Office Tower, 17th Floor,

Unit 1701, West Jakarta City,

Jakarta 11610

© Pro-Int Dinamika 2021. All Right Reserved