Pro-Int Dinamika

Share on facebook
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

People Development: Ini Pengertian dan Penjelasan Lengkapnya

Dalam dunia HR, istilah people development sudah tidak asing untuk didengar. Ini dilakukan sebagai strategi perusahaan untuk dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas kinerja karyawan, sehingga dapat membantu perusahaan untuk mencapai tujuan. Oleh karena itu kemampuan karyawan menjadi salah satu faktor yang penting dalam kemajuan perusahaan.

 

Pengelolaan kemampuan karyawan sejatinya mempengaruhi kesuksesan dari suatu perusahaan karena karyawan dapat menjadi investasi jangka panjang apabila dilatih dan dikembangkan kemampuannya. Mengapa demikian? Karyawan yang dikembangkan dengan baik, akan menjadi aset berkualitas bagi perusahaan yang memiliki kemampuan, kinerja, dan loyalitas yang tinggi. 

 

Proses pengembangan karyawan dengan segala keuntungannya itu termasuk ke dalam people development. Namun, apa Anda tau apa pengertiannya? Apa fungsinya? Apa tujuannya? Artikel ini akan mengulas secara lengkap tentang semua hal yang Anda pertanyakan.

 

Pengertian People Development

 

people development

 

Karyawan merupakan hal yang esensial, karena dalam perusahaan tidak hanya jasa atau produk yang dijual yang menunjukkan suatu bisnis atau perusahaan itu sukses, tetapi juga karyawan-karyawan di dalamnya. Pengembangan kinerja dan kemampuan karyawan sendiri merupakan bagian dari hal yang sama.

 

People development adalah upaya dari perusahaan dalam mengembangkan kualitas, kinerja, dan kemampuan karyawan dalam berbagai bentuk seperti penilaian kinerja, pemberian motivasi, pelatihan, hingga penetapan KPI untuk karyawan.

 

Dengan dilakukannya berbagai upaya tersebut, maka besar kemungkinan kemampuan dan kinerja karyawan meningkat hingga akhirnya karyawan menjadi aset perusahaan yang berkualitas.

 

People development juga dilakukan karena dapat meningkatkan rasa keterikatan karyawan dengan perusahaan, semakin meningkat rasa keterikatan karyawan dengan perusahaan, maka loyalitas karyawan terhadap perusahaan juga akan semakin besar.

 

Tujuan People Development

 

Pengelolaan dan pengembangan karyawan pasti dilakukan oleh perusahaan dengan tujuan tertentu yang sesuai dengan visi dan misi perusahaan. Oleh karena itu, berikut adalah tujuan-tujuan tersebut:

 

Tujuan Fungsional

 

Kemampuan fungsional seperti social skill (kemampuan sosial) atau kemampuan berkomunikasi merupakan contoh kemampuan fungsional yang  diperlukan oleh perusahaan agar tetap sesuai dengan kebutuhan dan tujuan dari perusahaan. 

 

Tujuan Pribadi

 

Tujuan pribadi sejatinya tergantung kepada tujuan masing-masing dari karyawan di perusahaan. Ada yang bertujuan untuk mendapatkan kompensasi, jenjang karir, pelatihan, hingga motivasi dalam bekerja.

 

Tujuan Organisasi

 

Tujuan organisasi berhubungan dengan people development dan bagaimana itu dijalankan untuk meningkatkan efektivitas dari perusahaan.

 

People Development dan Ruang Lingkupnya

 

Ruang Lingkup People Development

 

Sebagai salah satu program dari HR, people development memiliki ruang lingkup yang berbeda-beda. Berikut adalah ruang lingkupnya:

 

Motivasi

 

Karyawan membutuhkan motivasi tak hanya untuk bekerja saja, tetapi agar pekerjaan yang dihasilkan lebih berkualitas sehingga karyawan dapat terus berkembang. Melalui people development yang terstruktur dan terencana, karyawan dapat meningkatkan potensi dirinya sehingga motivasi untuk bekerja akan muncul.

 

Training

 

Salah satu bentuk Pengembangan karyawan adalah dengan melakukan pelatihan. Melalui pelatihan yang sesuai dengan kemampuan karyawan, maka kinerja karyawan dapat meningkat dan tujuan perusahaan dapat tercapai dengan mudah.

 

Setelah pelatihan dari perusahaan telah diberikan, maka perlu adanya  evaluasi kinerja karyawan yang merupakan aspek penting untuk mengukur keberhasilan dari pelatihan tersebut.

 

Pengelolaan Kinerja

 

Dalam people development, kinerja dari karyawan harus diperhatikan dan juga dikelola dengan baik agar tetap efektif dan konsisten. Karena jika tidak dikelola, maka kualitas pekerjaan dari karyawan akan tidak teratur atau bahkan bisa di bawah standar perusahaan.

 

Pentingnya People Development Untuk Perusahaan

 

Setelah mengetahui apa itu people development, maka sudah seharusnya perusahaan melakukannya. People development menjadi penting bagi perusahaan karena beberapa alasan, berikut adalah alasannya:

 

Meningkatkan Produktivitas

 

People development adalah salah satu strategi  perusahaan untuk memaksimalkan peran dari tiap karyawan. Dengan begitu, semangat kerja  karyawan akan meningkat karena telah diberikan tanggung jawab dan kepercayaan.

 

Sejatinya, perusahaan yang mengelola karyawannya dengan baik akan membuat karyawan tersebut lebih termotivasi, dan juga memiliki loyalitas yang lebih tinggi. Karena produktivitas karyawan berbanding lurus dengan hasil kinerja yang mereka lakukan.

 

Menemukan Potensi Karyawan

 

Setiap orang memiliki potensinya masing-masing. Jika karyawan terlihat memiliki kinerja di bawah rata-rata, bukan berarti karyawan tersebut tidak kompeten, tetapi bisa saja karena potensi atau kemampuannya berada di bidang lain atau di divisi lain. Potensi yang tidak terlihat ini, HR dapat temukan dalam proses people development.

 

Perusahaan dapat lebih mengenal dan mengidentifikasi kemampuan dan serta kompetensi karyawan. Perusahaan juga dapat memanfaatkan potensi dari karyawan-karyawannya secara efisien sehingga tidak ada bakat atau talenta yang tersia-siakan.

 

Meningkatkan Keterikatan Karyawan dan Perusahaan

 

Karyawan akan lebih loyal terhadap perusahaan apabila mereka merasa memiliki keterikatan dengan perusahaan. Itulah salah satu alasan mengapa keterikatan antara karyawan dan perusahaan menjadi beneficial bagi perusahaan. Pengelolaan karyawan yang baik akan membuat karyawan merasa dihargai, sehingga keterikatan karyawan tersebut dengan perusahaan juga meningkat.

 

Menarik Kandidat Baru

 

Para pencari kerja, baik itu fresh graduate atau yang sudah berpengalaman, akan cenderung memilih perusahaan yang memberikan mereka peluang untuk terus bertumbuh dan dapat dijadikan tempat untuk mengembangkan kemampuan mereka. Oleh karena itu, pengembangan SDM yang baik tidak hanya berpengaruh kepada karyawan, tetapi juga berpengaruh kepada calon karyawan yang melamar.

 

Mengurangi Angka Turnover Perusahaan

 

Jika loyalitas dan keterikatan karyawan dengan perusahaan sudah kuat, maka people development telah berhasil. Kenapa? Karena pada dasarnya, salah satu alasan karyawan memilih untuk resign dari perusahaan adalah karena merasa tidak berkembang dan tidak ada pengembangan karir dari perusahaan.

 

Lakukan People Development Dengan Mudah Dengan HRIS

 

Perusahaan tentu ingin karyawannya mempunyai kemampuan dan kinerja yang baik, serta berkompeten. Oleh karena itu perusahaan melakukan rangkaian proses people development, namun perlu diperhatikan jika pelaksanaannya pun tidak boleh sembarangan. Perusahaan yang menjadikan people development sebagai bagian utama dari agenda perusahaan, kemungkinan besar akan dapat keuntungan yang besar, terutama dari sisi karyawan.

 

Pengembangan karyawan  dapat merupakan bentuk investasi perusahaan kepada karyawan karena banyak pihak yang diuntungkan, mulai dari karyawan yang dapat lebih produktif dan mendapatkan ilmu baru setelah program dilaksanakan dan perusahaan juga dapat menunjukkan kepeduliannya terhadap karyawan melalui program ini.

 

HR dapat menjalankan people development secara mudah dengan menggunakan Aplikasi HRIS Pro-Int yang memiliki beragam kelengkapan fitur yang dapat membantu mengurus aktivitas HR.

 

Tertarik untuk menikmati kemudahan dari Software HRIS dari Pro-Int Dinamika? Konsultasikan kebutuhan HR perusahaan Anda dengan konsultan profesional kami dan rasakan sendiri

Kelola HR Otomatis

Absensi Online, Payroll, PPh 21, Mengatur Jadwal Kerja Karyawan Sampai Mengelola Pengembangan Karyawan atau Performance Appraisal

Terintegrasi Dalam Satu Aplikasi 

Coba Sekarang

Share :

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Baca Artikel Lainnya :

PT Pro-Int Dinamika

Telp: +62 2150122299

Email: sales@pro-int.com

Lippo St. Moritz Office Tower, 17th Floor,

Unit 1701, West Jakarta City,

Jakarta 11610

© Pro-Int Dinamika 2021. All Right Reserved