Pro-Int Dinamika

Share on facebook
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Apa saja Komponen Gaji yang Harus Diperhatikan oleh Perusahaan?

Pemberian upah atau gaji merupakan hal yang wajib dilakukan oleh perusahaan atau pelaku bisnis setiap bulannya. Perusahaan berhak membayarkan upah/gaji kepada pekerja sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati di awal.

 

Pemerintah pun telah menetapkan jumlah besaran dan berbagai komponen gaji yang wajib dibayarkan dalam undang-undang agar tidak terjadi ketidakseimbangan dalam pemberian upah kepada masing-masing karyawan.

 

Komponen apa saja yang perlu diperhatikan dalam menentukan jumlah penghasilan yang akan diberikan kepada seorang karyawan? Simak selengkapnya melalui ulasan berikut ini!

 

Pengertian Upah Menurut UU

 

Menurut UU No. 13 Tahun 2003 Pasal 1 Ayat 30, upah merupakan hak yang diterima oleh pekerja yang diberikan dalam bentuk uang sebagai imbalan dari pemberi kerja kepada pekerja yang telah ditetapkan dan dibayarkan sesuai perjanjian atau kesepakatan kerja dan undang-undang yang berlaku.

 

Upah, atau yang lebih sering disebut sebagai gaji, merupakan bentuk timbal balik jasa dari perusahaan untuk para pekerja/karyawan atas pekerjaan yang telah diselesaikannya dalam mencapai tujuan/target perusahaan.

 

Tujuan pemberian upah adalah agar karyawan dapat memenuhi kebutuhan hidup yang layak. Upah yang diberikan dapat berbeda jumlahnya, bergantung pada jam kerja, shift, jumlah hari kerja, jumlah hasil produksi hingga kualitas serta kuantitas pelayanan yang diberikan.

 

Namun perlu diingat, pemberian gaji harus disesuaikan dengan yang tertera dalam kontrak kerja yang sudah disepakati bersama. Dengan begitu, tidak akan ada karyawan yang merasa diperlakukan tidak adil oleh perusahaan.

 

Apa saja Komponen Gaji Karyawan?

 

Dalam pemberian gaji, terdapat beberapa komponen gaji yang penting dan perlu diperhatikan oleh perusahaan. Sebagai pelaku pemberi kerja adalah wajib untuk mengetahui komponen gaji yang sudah ditetapkan oleh pemerintah agar karyawan mendapatkan gaji sesuai dengan haknya.

 

Gaji Pokok

 

Merupakan imbalan dasar yang diberikan sesuai dengan jabatan/pekerjaan karyawan yang besarnya didasarkan atas perjanjian kerja maupun perundang-undangan yang berlaku.

 

Pada umumnya, jumlah gaji pokok mengacu pada Upah Minimum Regional (UMR) di daerah/kota masing-masing, serta disesuaikan posisi maupun tanggung jawabnya di perusahaan tersebut. Besaran gaji pokok tidak kurang dari 75% dari total gaji yang diterimanya.

 

Tunjangan Tetap

 

Perusahaan memberikan tunjangan tetap sebagai salah bentuk hak yang wajib diterima karyawan. Tunjangan tetap dianggap sebagai benefit dan perhitungannya tidak berubah selama karyawan masih berada di posisi yang sama, dan akan bertambah jika karyawan dipromosikan, dan berlaku sebaliknya apabila karyawan mengalami penurunan jabatan.

 

Besaran tunjangan tetap tidak terpengaruh oleh faktor yang mudah berubah, seperti daftar kehadiran atau kinerja karyawan. Dalam praktiknya tunjangan tetap dibayarkan bersama gaji pokok.

 

Yang termasuk dalam tunjangan tetap adalah tunjangan kesehatan, jabatan, tunjangan istri dan anak, perumahan, dan sebagainya.

 

Tunjangan Tidak Tetap

 

Selain tunjangan tetap, perusahaan juga memberikan tunjangan tidak tetap sebagai salah bentuk hak yang wajib diterima karyawan. Besaran tunjangan tidak tetap tidak selalu sama setiap bulannya karena dipengaruhi beberapa faktor, seperti daftar kehadiran, kinerja dan laba perusahaan.

 

Tunjangan tidak tetap dapat dibayarkan tidak bersama dengan gaji pokok. Pemberian tunjangan tidak tetap lebih bersifat bonus dan insentif. Yang termasuk dalam tunjangan tidak tetap adalah tunjangan makan, transport, dan tunjangan lain yang dihitung berdasarkan kehadiran karyawan di perusahaan.

 

Potongan

 

Merupakan komponen gaji yang disesuaikan dengan kebijakan masing-masing perusahaan, yang secara umum terdiri dari PPh Pasal 21 dan iuran BPJS Kesehatan serta Ketenagakerjaan.

 

Perhitungannya harus dilakukan dengan teliti agar hasilnya tepat dan akurat sehingga tidak merugikan karyawan. Potongan PPh-21 memiliki komponen penghitungan tersendiri dalam memperoleh besaran pajak yang tepat untuk disetorkan dan dilaporkan secara berkala setiap tahunnya.

 

Upah Lembur

 

Merupakan imbalan kerja yang diberikan bagi karyawan yang bekerja di luar jam kerja resmi. Besaran upahnya disesuaikan dengan kesepakatan bersama antara pihak perusahaan dan pekerja yang bersangkutan. Ketentuan upah lembur juga diatur dalam PP No 35 Tahun 2021 yang tidak boleh dilanggar oleh perusahaan, jika tidak maka akan dikenakan denda.

 

Kelola Perhitungan Komponen Gaji Lebih Mudah dengan Aplikasi HRIS

 

aplikasi gaji karyawan

 

Besaran komponen gaji karyawan disesuaikan dengan tugas, kewajiban dan tanggung jawab yang diberikan perusahaan kepadanya. Tidak hanya itu, kinerja dan performa karyawan yang memberikan dampak baik bagi perusahaan akan mendapatkan tambahan berupa bonus diluar gaji pokoknya.

 

Berbagai komponen gaji yang diberikan merupakan bentuk motivasi dari perusahaan pada karyawan agar performa dan kinerjanya dapat dipertahankan atau bahkan ditingkatkan di masa depan.

 

Banyaknya komponen gaji yang harus diproses sering menimbulkan kerumitan bagi HR dan staff Finance saat melakukan perhitungan gaji karyawan, apalagi jika masih dilakukan secara manual. Kemungkinan terhadap terjadinya kesalahan pun semakin meningkat pula jika tidak dilakukan dengan teliti.

 

Kini perusahaan tidak perlu pusing. Proses payroll tidak lagi rumit karena dapat dikalkulasi secara otomatis, cepat dan akurat dengan Aplikasi HR Online, mulai dari perhitungan gaji, iuran BPJS, potongan PPh-21, hingga penyusunan slip gaji online. Hal ini tentu akan jauh lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan perhitungan yang masih manual dan memakan waktu lama.

 

Sederhanakan proses perhitungan gaji karyawan tanpa ribet setiap bulannya dengan Aplikasi Pro-Int HRIS. Mendukung berbagai kebijakan perusahaan dan selalu up-to-date dengan regulasi pemerintah. Hubungi kami dan dapatkan berbagai penawaran menarik lainnya sekarang!

Kelola HR Otomatis

Absensi Online, Payroll, PPh 21, Mengatur Jadwal Kerja Karyawan Sampai Mengelola Pengembangan Karyawan atau Performance Appraisal

Terintegrasi Dalam Satu Aplikasi 

Coba Sekarang

Share :

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Baca Artikel Lainnya :

PT Pro-Int Dinamika

Telp: +62 2150122299

Email: sales@pro-int.com

Lippo St. Moritz Office Tower, 17th Floor,

Unit 1701, West Jakarta City,

Jakarta 11610

© Pro-Int Dinamika 2021. All Right Reserved