Pro-Int Dinamika

Share on facebook
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Berikut Hal yang Harus HR Ketahui Mengenai Talent Management

Sebagai HR, ada banyak istilah dan kegiatan yang harus diketahui, salah satunya adalah Pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM). Talent Management adalah salah satu faktor kesuksesan suatu perusahaan, mengapa? Karena SDM adalah aset yang berharga dan mempunyai value yang jika di-manage dengan baik.

Dengan zaman yang semakin berkembang, cara perusahaan mengelola SDMnya pun ikut berkembang, salah satu cara yang digunakan untuk  mengoptimalkan kinerja dan kemampuan karyawan adalah melalui kegiatan ini. Artikel ini akan membahas apa saja yang harus HR ketahui mengenai talent management, berikut penjelasannya.

Apa Itu Talent Management?

pengertian talent management

Talent management adalah strategi HR  dalam mengelola dan mengembangkan karyawan dari segi kompetensi, kemampuan, dan kinerjanya untuk perusahaan. Pengelolaannya dimulai dengan  penilaian terhadap karyawan di dalam perusahaan. Saat penilaian tersebut sudah selesai, hasilnya akan digunakan untuk  mengevaluasi karyawan tersebut apakah mempunyai kemampuan dan kompetensi yang cocok atau tidak dengan pekerjaannya.

Sebagai kegiatan dari HR, talent management berhubungan dengan seluruh bidang utama dalam sistem HR. Mulai dari proses perekrutan, orientasi karyawan, hingga pengelolaan kemampuan karyawan baik dari bidang manajemen performa sampai retensi.

Penempatan  talenta di perusahaan dengan posisi yang tepat merupakan tantangan bagi HR dan proses talent management dapat membantu meringankan tantangan tersebut. Sehingga Perusahaan  dapat memanfaatkan sumber daya manusia yang tersedia agar seluruh kemampuannya dapat digunakan dengan sebaik mungkin untuk memenuhi kebutuhan perusahaan.

Apa Tujuan Talent Management?

Perusahaan tentu ingin memiliki karyawan dengan kemampuan yang tepat yang dapat membantu perusahaan mencapai tujuannya. Tidak jauh dengan itu, tujuan dari talent management adalah memanfaatkan sumber daya manusia yang ada dalam perusahaan agar memiliki kinerja yang baik sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai dengan lebih mudah.

Selain itu, aktivitas pengelolaan talenta ini juga bertujuan untuk meningkatkan kinerja dari karyawannya melalui berbagai cara seperti memberi motivasi kepada karyawan, melibatkan karyawan dalam berbagai project yang ada dan memberikan tanggung jawab sesuai dengan posisi yang diberikan.

Ketika talent management dilakukan dengan benar, perusahaan akan mendapatkan sumber daya manusia dengan kemampuan dan kinerja yang mumpuni yang dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan oleh perusahaan.

Apa Manfaat Talent Management?

Setelah tujuan sudah diketahui, HR juga harus mengetahui manfaat dilakukannya talent management bagi perusahaan. Manfaatnya  dapat dibagi menjadi dua, yaitu manfaat untuk karyawan dan juga manfaat untuk perusahaan. Berikut manfaat-manfaatnya:

Manfaat Untuk Karyawan

  • Memberikan karyawan jenjang karir yang jelas
  • Memotivasi dan meningkatkan komitmen karyawan untuk bekerja dan berkinerja tinggi
  • Menyediakan kesempatan bagi karyawan dalam hal pengembangan karir
  • Meningkatkan value karyawan dengan memberikan berbagai training

Manfaat Untuk Perusahaan

  • Meningkatkan performa, kepuasan, loyalitas dan keterikatan karyawan terhadap perusahaan dan pekerjaannya
  • Meningkatkan kualitas kandidat pada proses rekrutmen perusahaan
  • Perusahaan dapat menganalisis dan mengantisipasi karyawan yang memiliki potensi untuk keluar dari perusahaan
  • Bisa menjadi tolak ukur karyawan berbakat yang dapat menjadi aset perusahaan
  • Mengurangi angka turnover pada perusahaan

Pilar dari Talent Management

Dalam proses talent management, HR harus mengetahui bahwa ada empat pilar yang dapat digunakan sebagai acuan dalam prosesnya, berikut pilarnya:

Attract

HR harus bisa memilih karyawan yang akan diikutkan dalam proses talent management yang nantinya akan dikelompokkan menjadi talent.

Develop

Dalam prosesnya, perusahaan memberikan kesempatan serta pelatihan sesuai dengan pengelompokkan.

Manage

HR harus mengetahui bagaimana cara mengelola talent yang sudah diberi pelatihan yang sesuai dengan proses dan lebih mengutamakan performanya.

Retain

Karyawan dan talent dan good value merupakan aset yang harus dijaga, terlebih apabila karyawan tersebut mempunyai talenta, kinerja dan potensi yang baik.

Empat Pilar diatas diharapkan dapat membantu mengarahkan HR dalam menjalankan proses talent management. Mulai dari proses rekrutmen hingga proses pengembangan karyawan perusahaan, yang semua hasilnya akan membantu perusahaan dalam mencapai tujuannya, baik tujuan dalam jangka panjang atau jangka pendek.

Seperti Apa Proses Talent Management?

proses talent management

Menurut HR Technologist, dalam melakukan pengelolaan talenta, ada enam proses yang dilalui. Berikut keenam proses tersebut:

  • Perencanaan

Dalam melakukan talent management, proses pertama yang harus dilakukan HR adalah perencanaan. Ini meliputi rencana yang harus dibuat HR untuk dapat memulai prosesnya, mulai dari persyaratan, rekrutmen, dan uraian pekerjaan untuk posisi yang dibutuhkan perusahaan.

  • Menarik Perhatian Pelamar

Setelah perencanaan sudah dirancang, selanjutnya HR melakukan proses pertama dari rekrutmen, yaitu menyebarkan informasi tentang lowongan pekerjaan. HR harus membuat pemberitahuan dan menyebarkan informasi mengenai lowongan pekerjaan tersebut, biasanya melalui portal kerja, media sosial, dan media lainnya.

Dari lowongan kerja yang disebarkan, dan dari lamaran yang masuk, branding dari perusahaan juga ikut menjadi penentu dari kualitas kandidat yang tertarik untuk melamar. HR akan mendapat banyak talent dan informasi mengenai para pelamar yang nantinya dapat berguna jika HR membutuhkan kandidat lain, HR hanya perlu kembali melakukan screening  dengan lamaran dari kandidat yang melamar.

  • Seleksi Pelamar

Proses ketiga adalah HR akan melakukan seleksi terhadap pelamar dengan menggunakan serangkaian tes serta pemeriksaan untuk dapat menilai apakah talent sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan atau tidak.

Beragam jenis tes seperti psikotes, tes tertulis, wawancara dengan HR, study case, dan analisis dari talent dilakukan agar perusahaan bisa melakukan seleksi kandidat secara akurat.

  • Mengembangkan Karyawan

Proses selanjutnya adalah HR berperan membantu karyawan untuk berkembang menjadi lebih baik lagi. Program pengembangan karyawan dimulai dengan pelatihan sesuai dengan kemampuan karyawan. Pelatihan diberikan agar karyawan dapat meng-upgrade diri mereka, membentuk loyalitas, serta agar dapat berkontribusi secara lebih maksimal kepada perusahaan.

Selain pelatihan, program orientasi juga termasuk ke dalam proses pengembangan karyawan untuk membantu karyawan beradaptasi dengan budaya perusahaan dan posisi yang diberikan.

  • Mempertahankan Karyawan

Perusahaan yang baik merupakan perusahaan dengan angka turnover yang rendah, hal itu menunjukkan bahwa perusahaan berhasil mengelola karyawan mereka dengan tepat. Maka dari itu perusahaan harus bisa mempertahankan karyawan, terutama mereka yang memiliki kinerja baik.

Cara mempertahankan karyawan dapat dilakukan dengan memberikan promosi, jenjang karir yang lebih jelas, kenaikan gaji, memberikan tanggung jawab atau keterlibatan terhadap proyek tertentu.

  • Transisi

Dalam proses terakhir, HR harus tahu bahwa talent management yang baik akan berfokus terhadap perubahan kolektif dan pertumbuhan perusahaan melalui perkembangan karyawan secara individu. Semua ini dapat tercapai apabila perusahaan dapat membuat karyawan memiliki keterikatan dengan perusahaan.

Menyediakan tunjangan pensiun, melakukan exit interview, dan succession planning mungkin terasa tidak ada korelasinya dengan titik karir karyawan tetapi itu semua merupakan alat transisi yang memungkinkan karyawan dan perusahaan untuk mencapai tujuan bersama.

Talent Management Menjadi Lebih Mudah Dengan Aplikasi HRIS

Situasi tiap perusahaan yang  berbeda-beda membuat talent management mempunyai tantangan tersendiri untuk dilakukan. Perbedaan pola pikir, kondisi karyawan, budaya kerja tiap perusahaan yang berbeda-beda menjadi contoh tantangan yang harus dihadapi HR  dalam menerapkan proses pengelolaan talenta.

Tantangan pengelolaan talenta karyawan dapat dihadapi oleh perusahaan dengan menggunakan Aplikasi HRIS Pro-Int Dinamika. Mulai dari proses rekrutmen, penilaian kinerja, pelatihan karyawan, dan masih banyak lagi yang aplikasi HRIS dapat mudahkan aktivitas HRnya.

Tak hanya itu, aplikasi HRIS dapat membantu HR dalam mengelola  seluruh proses aktivitas HR dalam satu sistem yang terintegrasi, mulai dari cuti, perhitungan gaji, absensi secara online, penilaian kinerja, hingga perancangan program pelatihan untuk pengembangan dan pengelolaan karyawan.

Ingin proses talent management perusahaan Anda termudahkan? Yuk, hubungi kami sekarang dan Anda akan merasakan manfaat dan kemudahan dari fitur-fitur yang disediakan oleh Aplikasi HRIS Pro-Int.

Kelola HR Otomatis

Absensi Online, Payroll, PPh 21, Mengatur Jadwal Kerja Karyawan Sampai Mengelola Pengembangan Karyawan atau Performance Appraisal

Terintegrasi Dalam Satu Aplikasi 

Coba Sekarang

Share :

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Baca Artikel Lainnya :

PT Pro-Int Dinamika

Telp: +62 2150122299

Email: sales@pro-int.com

Lippo St. Moritz Office Tower, 17th Floor,

Unit 1701, West Jakarta City,

Jakarta 11610

© Pro-Int Dinamika 2021. All Right Reserved